Kuliah atau Kerja ?

Habis Sekolah Mau Ngapain?

Pertanyaan ini sering terbesit dalam benak anak SMA/SMK yang baru saja menyelesaikan Ujian Nasional. Bagi yang mempunyai rencana yang mungkin sudah diatur oleh orang tua dan sudah di dukung biaya, pasti tinggal mengikuti jalan yang sudah dipersiapkan. Tapi bagaimana dengan yang tidak? Bagaimana dengan mereka yang memang tidak pernah ada keinginan untuk kuliah dan mungkin hanya angan-angan saja. Dan tujuan mereka adalah mencari uang.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, mayoritas lapangan pekerjaan yang tersedia memilih merekrut karyawan atau pekerja mereka dengan latar belakang D3 atau S1 untuk mengisi posisi yang perusahaan butuhkan. Sedangkan lulusan SMA/SMK menurut mereka masih minim skill dan keahlian yang dibutuhkan perusahaan. Berarti kita semua mau tidak mau harus kuliah?!

            Ya, jenjang pendidikan perkuliahan kini menjadi syarat wajib jika ingin mendapat pekerjaan layak atau mengisi posisi di perusahaan. Pergeseran eksistensi pedidikan yang mulai merambah ke dunia perkuliahan membuat dunia perkuliahan menjadi hal yang wajib bahkan lumrah untuk sekarang. Sehingga jika ingin bekerja, kuliah lah. Pertaannya, bagaimana jika ingin kuliah dan ingin bekerja? Apa bisa? Ya, tentu saja bisa. Bukan rahasia lagi Mahasiswa sekarang menunjang kebutuhan perkuliahan mereka dengan bekerja lepas di setiap sela jam kosong kuliah.

Ini adalah trend yang sedang digandrungi oleh para mahasiswa. Bahkan tidak perlu meninggalkan perkuliahan, dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang mahasiswa sekarang tidak perlu lagi meninggalkan tempat bahkan absen mengikuti perkuliahan. Ya, cukup akses internet saja dan transaksi bisnis jual beli online pun terjadi.

            Ini merupakan peluang yang besar, selain mendapatkan ilmu, kita juga mendapatkan pengalaman bisnis yang dapat menambah wawasan kita. Dan tidak menutup kemungkinan kita dapat membiayai kuliah kita dengan hasil jerih payah kita sendiri.

            Orang yang kerja terkadang masih ada beban pikiran, “harus kuliah, harus selesaikan tugas, harus presentasi kelompok”…dan lainnya. Mulailah melangkah, atur waktu mu dan jalankan mimpimu. Keputusan ada di tangan kita, tinggal bagaimana kita menjalankannya.

Oleh:SYHRN

mungkin yang anda cari

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *