PERPUSTAKAAN IAIN PALANGKARAYA-Strategi Baru Melayani Pengunjung Yang Bertambah

Al-Mumtaz IAIN Palangka Raya – Pada tahun ajaran baru kali ini, sama seperti yang lainnya Perpustakaan IAIN Palangka Raya juga telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut para mahasiswa baru Tahun Ajaran 2018/2019. Melihat banyaknya jumlah Mahasiswa baru tahun ini, Bapak Usman selaku ketua Perpustakaan IAIN Palangka Raya melalui penuturannya kepada kami, telah mempersiapkan beberapa sistem baru yang tentunya berbeda dengan sistem pada tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya ialah dalam melakukan sosialisasi kepada mahasiswa baru dengan jumlah yang begitu banyak, pihak perpustakaan kini membagi mereka dalam kelompok-kelompok guna memberikan bimbingan terkait dengan system yang ada diperpustakaan. Terutaman dalam hal pencarian informasi tentang letak buku-buku dan bahan bacaan lainnya yang terdapat di perpustakaan.

  Terkait hal ini pihak perpustakaan telah membagi kelompok-kelompok untuk mengikuti sosialisasi yang akan diadakan mulai dari tanggal 3 – 8 september mendatang. Setiap kelompoknya akan terdiri dari 110 Mahasiswa dengan materi terkait peraturan serta apa saja yang harus diperhatikan saat berkunjung ke perpustakaan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kendala yang akan terjadi seperti halnya tahun-tahun sebelumnya yang mana mahasiswa mengalami keterlambatan menjadi anggota perpustakaan dikarenakan kurang memahami saat sosialisasi yang dilakukan oleh pihak perpustakaan.

Menanggapi tentang jumlah mahasiswa yang banyak tahun ini Bapak Usman (nama panggilan) memprediksikan bahwa ruangan yang ada saat ini tidak akan mencukupi untuk tempat beraktivitas seluruh mahasiswa. Selain itu, sarana dan prasarana yang ada juga dirasa kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung perpustakaan. Tantangan baru bagi pihak petugas perpustakaan kali ini ialah menyediakan tempat dan fasilitas yang  memadai serta membuat nyaman para mahasiswa saat berkunjung ke perpustakaan sendiri dengan bebagai aktivitas yang dilakukan.

Menjawab hal ini pula Pak Usman menerangkan bahwa tahun ini perpustakaan mengadakan penambahan sarana dan fasilitas yang ada seperti penyediaan lebih banyak computer dan rak buku serta penambahan koleksi judul buku dan eksemplar . Untuk tahun ini tambah beliau, pihaknya telah menambah sekitar 300-350 judul buku dan 1500-1800 buah eksemplar.

Hanya saja, dalam hal ini fasilitas yang paling dibutuhkan belum bisa terpenuhi, yaitu pembangungan gedung perpustakaan baru yang sudah direncanakan oleh pihak perpustakaan sendiri namun belum dapat terealisasikan. Maka dari itu, untuk menyiasati hal tersebut dalam mempersiapkan kedatangan mahasiswa baru pihak perpustakaan telah mengalihfungsikan salah satu ruangan yang ada di lantai 3 menjadi salah satu ruang baca.  “semakin banyak mahasiswa kita, maka semakin sempit ruangan yang kita miliki” ungkap beliau disela-sela wawancara.

  Prinsip yang selalu beliau tekankan ialah bagaimana cara untuk membuat pengunjung nyaman berada diperpustakaan dalam menjalankan segala aktivitasnya. Tidak hanya terbatas pada peminjaman dan pengembalian buku saja bahkan untuk sekedar diskusi ringan atau sekedar berkumpul juga mereka akan merasa betah dan nyaman

Rep: Rusda, Abdurahman, April

mungkin yang anda cari

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *