Peran Pancasila Dalam Era Globalisasi

Pancasila adalah Ideologi dasar bagi bangsa Indonesia. Pancasila merupakan pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indoseia dengan tujuan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sebuah Negara akan kokoh apabila bangsa Indonesia masih mennganggap pancasila sebagai Dasar Ideologi, namun sebaliknya apabila bangsa Indonesia tidak menganggap lagi Pancasila sebagai Dasar Negara maka tunggulah saatnya sebuah Negara ini akan roboh, dengan seiringnya perkembangan zaman di era Globalisasi ini membawa dampak yang cendrung negatif bagi bangsa Indonesia.

Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 mengemukakan bahwa Republik Indonesia yang akan diproklamasikan memerlukan Dasar Negara yang kokoh dan kemudian mendapatkan persetujuan dari Pendiri Negara untuk menjadikan usulnya yang diberi nama Pancasia sebagai Dasar Negara yang membedakan dengan Negara lain.

Globalisasi diartikan sebagai proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia yang ditandai oleh kesengjangan tingkat kehidupan antara masyrakat industri dan masyrakat dunia ketiga (Antony Giddens: 1989). Pada saat ini arus Globalisasi tidak bisa dibendung lagi dengan perkembangan zaman yang terus maju disertai teknologi begitu canggih, realitas globalisasi tidak mungkin dihindari lagi karena globalisasi membawa pengaruh positif dan negatif,. fungsi kita bukanlah menolak globalisasi, tetapi bagaimana menyikapi agar tidak terbawa oleh arus Globalisai yang mampu mengambil dampak positif dan menjauhkan dampak negatif.

Era Globalisai membuat bangsa Indonesia banyak terjurus kepada modernisasi kebaratan-baratan dan melupakan adat ketimuran yang dimiliki bangsa Indonesia yaitu adat kesopan. Sebagai contoh masyrakat Indonesia khususnya generasi muda saat ini mengikuti adat kebarat-baratan seperti seks bebas, narkoba dan kawin diluar nikah dan lain sebagainya. Dalam hal inilah Pancasila sebagai Ideologi bangsa Indonesia, untuk ditanamkan kembali kepada Masyarakat khsususnya generasi muda selalu mengingat kembali isi butir-butir Pancasila karena generasi muda lah yang akan menuruskan bangsa Indonesia dan mengembalikan kembali bangsa Indonesia sebagai bangsa yang tidak megikuti adat kebarat-baratan.

Bertepatan hari jadi Pancasila 21 Juni 2018 sebagai generasi penerus bangsa tidak hanya memperingati hari lahirnya saja, tetapi sudah sepantasnya generasi penurus bangsa untuk menjadikan butir-butir Pancasila pengamalan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Khairan

mungkin yang anda cari

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *