Manfaat Mengikuti Orientasi Studi & Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru

Dalam beberapa tahun terakhir Ospek malah Dalam beberapa tahun terakhir Ospek malah dijadikan sebagai ajang senioritas atau bahkan pemakaian atribut yang cenderung tidak sejalan dengan makna ospek itu sendiri. Namun pada tahun 2016 ini, Mendikbud membuat keputusan bahwa Ospek akan dilakukan sesuai prosedurnya kembali tanpa menggunakan atribut-atribut yang “aneh”. Karena pada kesimpulannya Ospek adalah orientasi dan pengenalan lingkungan kampus. Di Ospek juga tidak ada yang namanya kekerasan fisik maupun mental dan di sini juga bukan ajang balas dendam para senior. Justru dalam kegiatan Ospek inilah para senior bisa memberikan kesempatan untuk mengenalkan dengan bangga Universitas-nya dan memperkenalkan dengan Ospek yang bermanfaat bagi mahasiswa baru. Selain memperkenalkan kampus tujuan Ospek buat kamu adalah disini kamu dapat mencari teman baru, kegiatan yang bermanfaat, dan yang lebih penting kamu dapat paham dan mengerti dan mengenal tentang universitas atau kamu.

Berikut beberapa Manfaat mengikuti MOS atau OSPEK ;

  • Tidak ada masa Pengenalan pertama

Andai saja kejadiannya seperti ini, pas kita baru lulus SMA, informasi yang kita punya terkait lingkungan di kampus sangat terbatas. Mungkin kita udah dapat informasi dari website universitas, atau dari senior, keluarga, teman, atau mungkin bapak dan ibu kita dulu pernah kuliah di universitas yang sama. Tapi, informasi yang kita dapatkan tidak  komprehensif dan tidak menutup kemungkinan juga kalau informasi yang kita dapatkan penuh dengan pendapat sepihak dari orang yang memberikan kita informasi itu. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengetahui medan yang akan kita hadapi di kampus adalah dengan terjun langsung ke lapangan.

  • Mengenal Kondisi Sosial Kampus

Ospek juga membantu kita untuk ngenalin kondisi sosial di lingkungan kampus. Dengan Mengikuti Ospek, kita bisa mengenal para senior, dosen, dan karyawan di universitas. Biasanya akan ada sesi mencari tanda tangan dan wawancara dalam Ospek, ini merupakan sesi yang berguna untuk mengetahui kondisi sosial dikampus kita.

  • Mengenal sistem perkuliahan

Sistem perkuliahan dan sekolah tentu sangat berbeda, disini kita akan dikenalkan dengan berbagai peraturan dan tata cara penilaian dari perkuliahan, mulai dari bobot sks dalam mata kuliah hingga jurusan dan tujuan dari setiap mata kuliah yang ditawarkan. Hal ini tentu sangat penting mengingat di SMA kita hanya menerima semua pelajaran yang sudah terjadwalkan.

  • Melatih kita Mandiri dan berani tampil.

Dalam Ospek biasanya kita akan menghadapi yang namanya dipanggil senior dan berdiri didepan dan menjadi pusat perhatian semua orang. Dan kita akan ditanya apa yang membawa kita kuliah di universiyas ini. Bagi orang yang mentalnya tinggi tentu tidak masalah untuk menjelaskannya, tapi bagi orang pemalu tentu ini akan menjadi sebuah pengalaman pertama.

Oke itulah beberapa manfaat dari mengikuti Ospek Univesitas . tentunya masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapatkan nantinya. Tetap semangat mengikuti Ospek dan selamat menjadi Mahasiswa.

oleh: Syahrunsyah

Oke itulah beberapa manfaat dari mengikuti Ospek Univesitas . tentunya masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapatkan nantinya. Tetap semangat mengikuti Ospek dan selamat menjadi Mahasiswa.

mungkin yang anda cari

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *